Selasa, 15 Maret 2011

Kronologis Krisis Pembangkit Listrik Nuklir di Fukushima Daiichi AKibat Tsunami

Pihak berwenang di Jepang berjuang untuk menyelesaikan serangkaian krisis di pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima Daiichi, yang parah terkena gempa bumi Jumat lalu dan tsunami.

Berikut adalah melihat upaya untuk mencegah kerusakan dan mencegah krisis nuklir potensial. (semua waktu dan tanggal yang lokal).
Jumat, 11 Maret
14:46 (12:46 ET/5.46 am GMT):
Sebuah
gempa berkekuatan 9,0 menyerang wilayah 370 kilometer (230 mil) timur laut Tokyo, Jepang, pada kedalaman 24,5 kilometer.

Gempa lepas pantai, yang kelima terbesar di seluruh dunia sejak pencatatan dimulai, percikan peringatan tsunami besar di Pasifik. Dalam waktu satu jam dinding air hingga 9 meter (30 kaki) tingginya hits pantai Jepang, menyapu kota-kota dan desa-desa di jalan.

Gempa menyebabkan kerusakan serius di (TEPCO) Tokyo Electric Power Perusahaan pembangkit listrik tenaga nuklir Daiichi Fukushima, sekitar 65 kilometer selatan Sendai.
Tiga dari enam pabrik reaktor, yang datang ke layanan antara tahun 1970 dan 1979, sudah ditutup untuk pemeriksaan pada saat bencana melanda. Mereka masih beroperasi dirancang untuk juga menutup dalam peristiwa gempa, dengan generator diesel memompa air di sekitar reaktor untuk tetap dingin.

ketika tsunami, Reaktor mulai memanas.

20:15:
Pemerintah Jepang menyatakan keadaan darurat di pembangkit listrik Daiichi Fukushima.
10:30:
Otoritas mengungkapkan sistem pendingin di pabrik tidak bekerja

Sabtu, 12 Maret
02:06:
Radiasi dalam reaktor No.1 di Fukushima dilaporkan meningkat.
03:24:
Menteri perdagangan Jepang Banri Kaieda memperingatkan bahwa kebocoran radiasi kecil bisa terjadi di pabrik.

06:45:
TEPCO mengatakan zat radioaktif mungkin telah bocor di Fukushima.
Jepang dan Industri Keselamatan Nuklir Badan mengatakan radiasi di dekat gerbang utama pabrik lebih dari delapan kali tingkat normal.

16:19:
Jepang dan Industri Nuklir Badan mengungkapkan sejumlah kecil caesium radioaktif telah lolos dari pembangkit listrik, mungkin disebabkan oleh mencair batang bahan bakar.

LEDAKAN:
18:22: Sebuah ledakan hidrogen di reaktor Fukushima's pukulan No.3 atap dari struktur pengungkung sekitar reaktor No.1 dan melukai empat orang.

20:18:
Warga yang tinggal di 20 kilometer tanaman diberitahu untuk mengevakuasi daerah tersebut.
sektar 200.000 orang dievakuasi.

20:54:
Pemerintah bersikeras tidak ada gas berbahaya yang dipancarkan sebagai hasil dari ledakan di pabrik Fukushima.
10:35:
pihak berwenang bersiap untuk mendistribusikan tablet yodium untuk penduduk di dekat pabrik nuklir yang rusak untuk mencegah keracunan radiasi.


Minggu, 13 Maret

03:20:
Tiga orang yang dipilih secara acak dari sekelompok 90 tes positif untuk paparan radiasi di Prefektur Fukushima.

05:37:
pemerintah Jepang mengatakan ledakan hari Sabtu di pabrik Fukushima Daiichi terjadi di luar kontainmen primer, menambahkan bahwa integritas belum diganggu.

04:46:
Sekretaris Kabinet Yukio Endo memperingatkan tentang kemungkinan bahwa ledakan kedua bisa terjadi pada reaktor No.3.
Senin, 14 Maret

LEDAKAN:
11 am: ledakan hidrogen di reaktor No.3 kerusakan sistem pendingin pada reaktor No.2 dan melukai 11 orang.

Sebuah dinding di pabrik runtuh akibat ledakan, tapi para pejabat mengatakan penahanan sekitar reaktor tetap utuh.

Pihak berwenang mulai memompa campuran air laut dan boron ke dalam reaktor No.2 untuk mendinginkan batang bahan bakar nuklirnya.

Penduduk yang tinggal dalam jarak 20 kilometer dari tanaman yang selama ini mengabaikan perintah evakuasi diperingatkan untuk tinggal di dalam rumah.

Sampai dengan 2,7 meter dari batang kendali reaktor No.2 adalah dibiarkan terbuka karena pompa yang menjaga mereka dingin telah berjalan rendah pada bahan bakar setelah ditinggalkan. Hal ini menyebabkan mereka untuk memanaskan menghasilkan uap radioaktif.



Selasa, 15 Maret

LEDAKAN:
06:00: Sebuah ledakan reaktor No.2 - ledakan ketiga di pabrik selama empat hari terakhir

07:00:
Angkatan Laut AS dimulai reposisi kapal dan pesawat setelah mendeteksi tingkat rendah "radioaktivitas udara" di kawasan itu.
Tiga orang di U.S.S. Ronald Regan sebelumnya dites positif untuk tingkat rendah radiasi.

08:30:
Sekretaris Kabinet Yukio Edano bilang dia tidak bisa mengesampingkan kemungkinan kerusakan pada ketiga reaktor merusak tanaman.

Dia mengatakan radiasi di pabrik telah meningkat menjadi "tingkat yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia", dan memperingatkan orang yang hidup dalam kilometer 20 dan 30 tanaman untuk tetap di dalam ruangan.

Hampir semua staf pabrik, sekitar 800 orang, yang dievakuasi dari situs, dengan hanya 50 tersisa untuk melakukan operasi darurat.

Kebakaran
08:54: Api pecah dalam pendinginan kolam yang digunakan untuk bahan bakar nuklir di reaktor No.4 - yang telah ditutup sebelum gempa Jumat.

Perdana Menteri Jepang Naoto Kan memperingatkan bahwa "masih ada risiko yang sangat tinggi dari bahan radioaktif lebih lanjut keluar," tetapi mendorong masyarakat untuk tetap tenang.

Pemerintah memberlakukan larangan terbang zona dalam radius 30 kilometer dari pabrik.

11:00: Api di reaktor No.4 dilaporkan telah padam.

Atom Internasional Badan Energi mengungkapkan bahwa tingkat radiasi di pabrik tersebut telah tercatat di 167 kali dosis radiasi tahunan rata-rata, tetapi tingkat yang diharapkan dapat turun dengan cepat.

23:10: Laporan IAEA bahwa ledakan Senin di No.2 reaktor "mungkin telah mempengaruhi integritas penahanan utama."

11:45: TEPCO mengatakan pihaknya berencana untuk menggunakan helikopter untuk menuangkan air ke No.4 reaktor dalam rangka mendinginkan batang bahan bakar nuklir.

Rabu, 16 Maret

Kebakaran
07:00: Api kedua dalam dua hari ditemukan dalam membangun reaktor 4 No di Fukushima Diiachi.
Yang satu ini di sudut timur laut bangunan, seorang pejabat dengan Tokyo Electric dan Power kepada wartawan.


Sumber: CNN

0 komentar: