Minggu, 31 Juli 2011

Syukur | Kultum Tarawih

Assalamu'alaikum,
Hari pertama tarawaih saya jalani di salah satu mushola. Jamaahnya tidak terlalu banyak, tapi membuat setiap tahun saya merasa nyama di sini. Karena saya bisa menikmati shalat tarawih dengan baik, tanpa tergesa-gesa.
Dengan menjalankan tarawih 8 rakaat + 3 witir ditambah bacaan imam yang enak dan baik, maka sekitar 40 menit tidak terasa melelahkan.

Di akhir shalat, Imam Tarawih Ustadz Zainal Abidin, memberikan kultum yang mengambil topik tentang rasa syukur. Di awali dengan bacaan Al Qur'an Surat Ibrahim 14:7 yang artinya:
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nukmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih"
Kita sudah sepatutnya bersyukur dengan nikmat karena telah dipertemukan dengan bulan suci ramadhan, yang di dalamnya telah dinjanjikan banyak kebaikan dan barokah. Kita harus bersyukur karena kita termasuk yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan ampunan Alloh SWT, karena di setiap malam bulan ramadhan Alloh menunjuk orang-orang yang dibebaskan dari api neraka.

Ada banyak nikmat yang bisa dirasakan dari bulan penuh barokah ini. Malam lailatul Qadar, dilipatgandakan pahala dari segala amal kebaikan, belum lagi silaturrahim. Maka tidak heran jika kita benar-benar menjalankan puasa sesuai yang dicontohkan Baginda Rasululloh SAW, maka kita akan merasa kurang jika hanya satu bulan.

Bagaimana cara kita bersyukur di bulan suci ini, yaitu dengan menjalankan segala perintah dan meningkatkan kuantias dan kualitas ibadah kita. Shalat wajib dan shalat sunnah, tilawah, berdzikir, bersedekah. Pada akhirnya dengan rasa syukur itu Insya Alloh kita akan mendapatkan nikmat yang terus ditambah sebagai bekal menjalankan kebaikan dan keshalihan 11 bulan berikutnya sepanjang hayat.
Isnya Alloh

0 komentar: